Senin, 05 Desember 2016

Softskil Pengantar Telematika 4

1.      Apa yang dimaksud dengan video streaming dan jelaskan cara kerjanya
2.      Apa yang dimaksud dengan teleconference dan jelaskan cara kerjanya
3.      Jelaskan tentang teknologi grafis, animasi, dan video

Jawab
1 Video streaming adalah istilah yang sering kita gunakan saat melihat video diinternet melalui browser dimana kita tidak perlu men-download file video tersebut untuk dapat memutarnya. Istilah ini tersebut terdiri dari dua suku kata yaitu video dan streaming, secara istilah video berarti teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak, sedangkan streaming berarti proses penghantaran data dalam aliran berkelanjutan dan tetap yang memungkinkan pengguna mengakses dan menggunakan file sebelum data dihantar sepenuhnya. Jadi video streaming dapat diartikan transmisi file video secara bekelanjutan yang memungkinkan video tersebut diputar tanpa menunggu file video tersebut tersampaikan secara keseluruhan. Video streaming banyak diimplementasikan pada dunia pertelevisian untuk melakukan siaran dari website atau mengirimkan gambar siaran langsung melalui website atau disebut juga live streming. Jadi gambar yang didapatkan dari siaran langsung, sesegera mungkin ditransmisikan dan dapat diputar melalui internet.

Cara Kerja:
 Pada awalnya, data dari source (bisa berupa audio maupun video) akan di-capture dan disimpan pada sebuah buffer yang berada pada memori komputer (bukan media penyimpanan seperti harddisk) dan kemudian di-encodesesuai dengan format yang diinginkan. Dalam proses encoding ini, user dapat mengkompresi data sehingga ukurannya tidak terlalu besar (bersifat optional). Namun pada aplikasi streaming menggunakan jaringan, biasanya data akan dikompresi terlebih dahulu sebelum dilakukan streaming, karena keterbatasan lebar pita (bandwitdh) jaringan. Setelah di-encode, data akan di-stream ke user yang lain. User akan melakukan decode data dan menampilkan hasilnya ke layar user. Waktu yang dibutuhkan agar sebuah data sampai mulai dari pemancar sampai penerima disebut dengan latency.


Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj0ZqQzK5UNBsmwa53Vvk3xI-CkMLcfhr87yYADDQ7GLxQsKWlznzrSNi6ssb0gxqTXKo4tNZh4hOz0-fBlJ7l84QeMYtRJQK7SS1rYHqkfrRKbpYmIHuIFY8wXJwdw0f665VEMP8xawqg/s320/g1.jpg

Gambar: Cara Kerja Video Streaming
2.      Teleconference 
adalah sebuah komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang terjadi melalui perantara telefon atau koneksi jaringan internet atau juga bisa diartikan komunikasi dua arah yang dilakukan oleh lebih dari satu orang dengan menggunakan teknologi komunikasi atau jaringan computer dengan sarana-sarana penunjangnya. Komunikasi tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan text (chating conference), suara (audio conference) dan menggunakan video (video conference) yang memungkinkan peserta konferensi saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya.
Telekonferensi, dalam telekomunikasi, merupakan pertemuan berbasis elektronik secara langsung (live) di antara dua atau lebih partisipan manusia atau mesin yang dihubungkan dengan suatu sistem telekomunikasi yang biasanya berupa saluran telepon.
Cara Kerja :
Teleconference bekerja dengan menggunakan 3 cara yaitu gan voice activation, continuous presence, atau gabungan dari keduanya.
Pertama-tama pilih software Microsoft Visual C# 2005 yang merupakan Integrated Development Environment (IDE) yang berbasiskan .NET Framework 2.0 SP1. Microsoft Visual C# menyediakan Graphical User Interface (GUI) yang mudah didesain dan memiliki banyak library yang sangat membantu dalam pembuatan sistem. Selain itu, digunakan beberapa library tambahan seperti:
• Microsoft Managed DirectShow
• ConferenceXP RTP Filter
• Microsoft Visual C++ 2005 Redistributable
• Windows Media Player 11 Codec
Pertama kali, user harus memilih jenis IP yang akan digunakan (IPv4 atau IPv6) dengan memilih radio button. Untuk memilih IP address, user dapat mengklik combo box dan memilih IP yang terdapat pada komputer. Setelah itu, user menekan tombol centang yang ada di kanan bawah.
Jika user diperbolehkan untuk bergabung ke dalam konferensi, akan muncul form set destination IP and port. Setelah user mengisi alamat IP dan nomor port, user akan tergabung ke dalam konferensi.
Salah satu aspek yang penting dalam aplikasi video conference adalah penggunaan bandwidth, karena aplikasi ini mengirimkan data berupa gambar dan suara yang memiliki ukuran yang cukup besar, sehingga untuk dapat berjalan dengan lancar, bandwidth yang ada harus mencukupi.
3.      Grafika 
adalah suatu teknik atau cara penyampaian pesan, gagasan, informasi, pikiran, kesan perasaan melalui penggandaan dengan cara dicetak dan disajikan kepada khalayak.
 Teknologi Grafika merupakan teknologi yang menciptakan penyampaian informasi ke khalayak dengan suatu teknik yang dicetak
 Desain grafis merupakan salah satu bentuk dalam desain yang lebih luas yaitu desain komunikasi visual, karena yang terakhir ini mencakup media yang juga bisa “bergerak” seperti film iklan, multimedia, audio visual, beberapa bentuk di dalam sinematografi, animasi, dan televisi.

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhcxcDg3F4OuyIu11b0Mdrllxu-iYSIA8FFml2UtEt80JnifqycGyPGTQJ07LGs7zLMh_icDfTk13k-xACpQz8jd-wu1Emv1SEGYcWjEYLo_L6yUNsCRlP0ajiPpXku3EvnmAkPGyMCZiQ/s320/g2.jpg

Gambar : Perkembangan Teknologi Grafika

Animasi, atau lebih akrab disebut dengan film animasi, adalah film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Pada awal penemuannya, film animasi dibuat dari berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian di-“putar” sehingga muncul efek gambar bergerak.
Teknologi animasi, merupakan penciptaan bentuk animasi dengan bantuan komputer dan grafika komputer, pembuatan film animasi menjadi sangat mudah dan cepat. Bahkan teknolog sekarang lebih banyak bermunculan film animasi 3 dimensi daripada film animasi 2 dimensi.
Video (“video” yang berarti “Aku lihat”, dari kata kerja bahasa Latin “videre”) merujuk kepada beberapa format penyimpanan gambar bergerak: format video digital, termasuk Blu-ray Disc, DVD, QuickTime, dan MPEG-4; dan video analog, termasuk VHS dan Betamax. Video dapat direkam dan ditransmisikan dalam berbagai media fisik: dalam pita magnetik ketika dicatat sebagai sinyal PAL atau NTSC listrik oleh kamera video, atau dalam MPEG-4 atau media digital DV saat direkam oleh kamera digital.
Sejarah Teknologi video pertama kali dikembangkan untuk sistem sinar katoda tabung televisi, tapi beberapa teknologi baru untuk perangkat tampilan video sejak diciptakan. Standar untuk pesawat televisi dan monitor komputer cenderung berkembang secara mandiri, namun kemajuan dalam kinerja komputer dan penyiaran televisi digital dan rekaman adalah menghasilkan konvergensi standar dan penggunaan konten.
Karakteristik dari pembuatan dengan menggunakan teknologi video
Frame Per Second (FPS)
Frame rate, jumlah gambar diam per unit waktu video, berkisar dari enam atau delapan frame per detik (frame / s) untuk kamera mekanik tua sampai 120 atau lebih frame per detik untuk kamera profesional yang baru. PAL (Eropa, Asia, Australia, dll) dan SECAM (Prancis, Rusia, sebagian Afrika dll) menetapkan standar 25 frame / s, sedangkan NTSC (Amerika Serikat, Kanada, Jepang, dll) 29,97 menentukan frame / s. Film yang ditembak di frame rate lebih lambat dari 24photograms / s, yang sedikit merumitkan proses mentransfer film video sinematik. Frame rate minimal untuk mencapai ilusi gambar bergerak adalah sekitar lima belas frame per detik.
Interlacing
Video dapat interlaced atau progresif. Interlacing diciptakan sebagai cara untuk mencapai kualitas visual yang baik dalam keterbatasan bandwidth yang sempit. Horizontal scan baris setiap frame interlaced diberi nomor berurutan dan dibagi menjadi dua bidang: bidang aneh (lapangan atas) yang terdiri dari garis bernomor ganjil dan bahkan lapangan (lapangan bawah) yang terdiri dari baris genap. NTSC, PAL dan SECAM adalah interlaced format. Spesifikasi disingkat resolusi video sering termasuk i untuk menunjukkan interlacing. Sebagai contoh, format video PAL sering ditetapkan sebagai 576i50, di mana 576 menunjukkan resolusi garis vertikal, i menunjukkan interlacing, dan 50 menunjukkan 50 bidang (setengah-frame) per detik.Dalam sistem progressive scan, update setiap periode refresh semua scan lines. Hasilnya adalah sebuah resolusi spasial lebih tinggi dan kurangnya berbagai artefak yang bisa membuat bagian-bagian gambar yang diam tampaknya bergerak atau berkedip.Sebuah prosedur yang dikenal sebagai deinterlacing dapat digunakan untuk mengubah arus interlaced, seperti analog, DVD, atau satelit, untuk diproses oleh perangkat progressive scan, seperti TFT-set TV, proyektor, dan panel plasma. Deinterlacing tidak bisa, bagaimanapun, menghasilkan kualitas video yang setara dengan benar progressive scan bahan sumber.
Display Resolution
Ukuran gambar video diukur dalam pixel untuk video digital, atau scan garis horisontal dan garis vertikal resolusi untuk video analog. Dalam domain digital (misalnya DVD) televisi definisi standar (SDTV) ditetapkan sebagai 720/704/640 × 480i60 untuk NTSC dan 768/720 × 576i50 untuk PAL atau SECAM resolusi. Namun dalam domain analog, jumlah scanlines terlihat tetap konstan (486 NTSC/576 PAL), sedangkan pengukuran horisontal bervariasi dengan kualitas sinyal: sekitar 320 pixel per Scanline untuk kualitas VCR, 400 piksel untuk siaran TV, dan 720 pixel sumber DVD. Aspek rasio dipertahankan karena non-square “piksel”. televisi definisi tinggi baru (HDTV) mampu resolusi hingga 1920 × 1080p60, yaitu 1920 pixel per scan scan baris demi baris 1080, progresif, pada 60 frame per detik. Resolusi video-video untuk 3D diukur dalam voxels (volume elemen gambar, yang mewakili nilai dalam ruang tiga dimensi). Misalnya 512 × 512 × 512 resolusi voxels, sekarang digunakan untuk sederhana-3D video, dapat ditampilkan bahkan pada beberapa PDA.


Aspect Ratio
Ukuran gambar video diukur dalam pixel untuk video digital, atau scan garis horisontal dan garis vertikal resolusi untuk video analog. Dalam domain digital (misalnya DVD) televisi definisi standar (SDTV) ditetapkan sebagai 720/704/640 × 480i60 untuk NTSC dan 768/720 × 576i50 untuk PAL atau SECAM resolusi. Namun dalam domain analog, jumlah scanlines terlihat tetap konstan (486 NTSC/576 PAL), sedangkan pengukuran horisontal bervariasi dengan kualitas sinyal: sekitar 320 pixel per Scanline untuk kualitas VCR, 400 piksel untuk siaran TV, dan 720 pixel sumber DVD. Aspek rasio dipertahankan karena non-square “piksel”. televisi definisi tinggi baru (HDTV) mampu resolusi hingga 1920 × 1080p60, yaitu 1920 pixel per scan scan baris demi baris 1080, progresif, pada 60 frame per detik. Resolusi video-video untuk 3D diukur dalam voxels (volume elemen gambar, yang mewakili nilai dalam ruang tiga dimensi). Misalnya 512 × 512 × 512 resolusi voxels, sekarang digunakan untuk sederhana-3D video, dapat ditampilkan bahkan pada beberapa PDA.
Color Space dan Bits Per Channel
Contoh warna pesawat U-V, nilai Y = 0,5
nama model Warna menggambarkan representasi warna video. YIQ digunakan di televisi NTSC. Ini berhubungan erat dengan YUV digunakan dalam skema dan televisi NTSC PAL dan skema YDbDr digunakan oleh televisi SECAM. Jumlah warna yang berbeda yang dapat diwakili oleh sebuah pixel tergantung pada jumlah bit per pixel (bpp). Sebuah cara yang umum untuk mengurangi jumlah bit per pixel dalam video digital adalah dengan subsampling kroma (misalnya 04:04:04, 04:02:02, 4:02:00 / 4:01:01).
Video Quality
Kualitas video dapat diukur dengan metrik formal seperti PSNR atau dengan kualitas video subjektif menggunakan observasi ahli. Kualitas video subjektif dari sistem pengolahan video dapat dievaluasi sebagai berikut: Pilih urutan video (dengan SRC) digunakan untuk pengujian. Pilih pengaturan sistem untuk mengevaluasi (di HRC). Pilih metode uji untuk bagaimana mempresentasikan urutan video ke ahli dan untuk mengumpulkan peringkat mereka. Undangan cukup banyak ahli, sebaiknya tidak kurang dari 15. Melaksanakan pengujian. Hitung rata-rata nilai untuk setiap HRC berdasarkan peringkat para ahli ‘. Banyak metode video kualitas subjektif dijelaskan dalam BT.500 rekomendasi ITU-T. Salah satu metode standar adalah Double Stimulus Penurunan Skala (DSIS). Dalam DSIS, masing-masing ahli video referensi pandangan tak terhalang diikuti oleh versi gangguan dari video yang sama. ahli kemudian tingkat gangguan video menggunakan skala mulai dari “gangguan yang tak terlihat” untuk “gangguan sangat mengganggu”.
Video Compression Method
Berbagai macam metode digunakan untuk kompresi video stream. Video berisi data redundansi spasial dan temporal, sehingga tidak dikompresi video stream yang sangat tidak efisien. redundansi Secara umum, spasial berkurang dengan mendaftarkan perbedaan antara bagian-bagian dari sebuah frame tunggal; tugas ini dikenal sebagai kompresi intraframe dan berkaitan erat dengan kompresi gambar. Demikian juga, redundansi temporal dapat dikurangi dengan mendaftarkan perbedaan antara frame; tugas ini dikenal sebagai kompresi interframe, termasuk gerakan kompensasi dan teknik lainnya. Standar modern yang paling umum adalah MPEG-2, digunakan untuk DVD dan televisi satelit, dan MPEG-4, digunakan untuk video di rumah.

Bit Rate
Tingkat Bit adalah ukuran tingkat konten informasi dalam aliran video. Hal ini dihitung dengan menggunakan bit per detik (bit / s atau bps) unit atau Megabits per detik (Mbit / s). Tingkat bit yang lebih tinggi memungkinkan kualitas video yang lebih baik. VideoCD Misalnya, dengan bit rate sekitar 1 Mbit / s, adalah kualitas lebih rendah daripada DVD, dengan bit rate sekitar 5 Mbit / s. HD (High Definition Digital Video dan TV) memiliki kualitas yang lebih tinggi, dengan bit rate sekitar 20 Mbit / s. laju bit variabel (VBR) adalah suatu strategi untuk memaksimalkan kualitas video visual dan meminimalkan bit rate. Pada adegan gerak cepat, bit rate bit variabel menggunakan lebih dari itu tidak pada adegan gerak lambat dari durasi yang sama belum mencapai kualitas visual yang konsisten. Untuk real-time dan non-buffered video streaming saat bandwidth yang tersedia adalah tetap, misalnya dalam videoconference disampaikan pada saluran bandwidth tetap, kecepatan bit konstan (CBR) harus digunakan.
Stereoscopic
Stereoscopic video dapat dibuat menggunakan beberapa metode yang berbeda:
dua saluran – saluran yang tepat untuk mata kanan dan saluran kiri untuk mata kiri. Kedua saluran dapat dilihat secara simultan dengan menggunakan polarisasi filter cahaya 90 derajat off-axis dari satu sama lain pada dua proyektor video. Saluran secara terpisah ini terpolarisasi dilihat memakai kacamata dengan filter polarisasi yang sesuai. satu saluran dengan dua warna overlayed kode lapisan. Teknik Lapisan ini kiri dan kanan kadang-kadang digunakan untuk siaran jaringan, atau baru “anaglyph” rilis 3D film di DVD. Wikipedia Merah / gelas plastik Sian menyediakan sarana untuk melihat gambar discretely untuk membentuk pandangan stereoscopic isi. Satu saluran dengan bergantian kiri / kanan frame untuk setiap mata, menggunakan kacamata LCD shutter yang membaca sinkronisasi frame dari VGA Display Data Channel untuk masing-masing secara bergantian menutup mata, sehingga mata yang tepat melihat bingkai yang benar. Metode ini paling umum dalam aplikasi komputer virtual reality misalnya di dalam Gua Otomatis Virtual Lingkungan, tapi mengurangi framerate video yang efektif sampai setengah dari normal (misalnya, dari 120Hz ke 60Hz). Blu-ray Disc sangat meningkatkan ketajaman dan detail efek 3D dua-warna dalam program kode warna stereo. Lihat artikel stereoskopi dan film 3D.

Sumber :
WASONO, Antonius Bowot Teknik Grafika dan Industri Grafika Jilid 1 untuk SMK /olehAntonius Bowo Wasono, Romlan, Sujinarto—- Jakarta : DirektoratPembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat JenderalManajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, DepartemenPendidikan Nasional, 2008
Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2009 (SNATI 2009) oleh:Andreas Handojo1, Robin Chandra2, Justinus Andjarwirawan1

Sabtu, 29 Oktober 2016

pengantar telematika (tugas 2)

1.                   jelaskan tentang perkembangan jaringan komputer sebagai sarana yang digunakan dalam proses telematika!
Perkembangan jaringan komputer sangat berpengaruh besar dalam masyarakat global. Telematika memegang peranan penting dalam pembelajaran, bisnis dan juga jejaring sosial, maka seiring berjalannya waktu kebutuhan masyarakat global pun semakin bertambah, untuk itu di perlukan kemajuan perkembangan jaringan pada komputer atau media lain yg digunakan dalam telematika. Dengan demikian, semakin berkembang semakin mudah dalam segala proses telematika tersebut, dalam pembuatannya ataupun pengaplikasiannya. contohnya handphone / telepon genggam adalah salah satu media telematika, semakin jaringan komputer berkembang jaringan handphone pun berkembang, dan semakin mudah dalam pemrosesan apapun dalam telematika. Saat ini jaringan pada handphone sudah mencapai 4G, hal ini dibuat agar memudahkan dalam pengkomunikasian dalam telematika tersebut.
Kelancaran proses alih informasi dan pengolahan data akan sangat membantu perkembangan dunia usaha, industri dan pendidikan untuk banyak hal. Proses alih informasi dan pengolahan data akan lebih cepat jika berlangsung antar komputer dibandingkan dengan fax.
Satu hal yang membedakan aplikasi jaringan komputer dengan teknologi lainnya adalah tidak adanya batasan dimensi ruang dan waktu. Sebagai contoh, diskusi / seminar / konferensi secara elektronik dapat berlangsung kapan saja, di mana saja bahkan tidak terikat pada batas-batas negara. Globalisasi sangat terasa dengan adanya jaringan komputer. Tata cara komunikasi merupakan faktor penting pada pengkaitan jaringan komputer lokal di gedung-gedung. Pemilihan tata cara komunikasi dilakukan dengan memperhitungkan kompatibilitas dengan cara komnukasi yang umum digunakan. Saat ini, tata cara komunikasi TCP / IP merupakan standar yang digunakan di jaringan-jaringan komp

   2.                      Jelaskan tenang perkembangan teknologi wireless yang meliputi hardware, sistem operasi dan program aplikasi yang digunakan pada perangkat wireless!

Hardware Access Point + plus
Perangkat dibawah ini adalah perangkat standard yang digunakan untuk access point. Access Point dapat berupa perangkat access point saja atau dengan dual fungsi sebagai internal router. Bahkan pada model terbaru sudah ditambahkan teknologi Super G dengan kemampuan double transmisi, smart DHCP bagi client network dan hardware standard monitor serta Firewall dan sebagainya.
Alat Access point dapat dipasangkan pada sebuah hub, cable modem atau alat lainnya untuk menghubungkan computer dengan WIFI kedalam sebuah network lain.

PCMCIA Adapter
Alat ini dapat ditambahkan pada notebook dengan pada PCMCIA slot. Model PCMCIA juga tersedia dengan tipe G atau double transmit.

USB Wireless Adaptor
Termasuk perangkat baru dan praktis pada teknologi WIFI. Alat ini mengambil power 5V dari USB port. Untuk kemudahan USB WIFI adapter dengan fleksibel ditempatkan bagi notebook dan PC. Tetapi pada perangkat USB WIFI Adapter memiliki batasan. Sebaiknya mengunakan USB port 2.0 karena kemampuan sistem WIFI mampu mencapai data rate 54Mbps. Bila anda memerlukan kepraktisan, penambahan perangkat Wireless USB adaptor adalah pilihan yang tepat, karena bentuknya yang praktis dan dapat dilepas. Tetapi perlu diingatkan bahwa dengan supply power kecil dari USB port alat juga memilki jangkauan lebih rendah, selain bentuk antenna yang ditanam didalam cover plastik akan menghambat daya pancar dan penerimaan pada jenis perangak ini.

USB Add-on PCI slot
Perangkat ini umumnya diberikan bersama paket mainboard untuk melengkapi perangkat WIFI pada sebuah computer. Sama kemampuannya dengan PCI card wireless network tetapi mengunakan jack USB internal pada mainboard termasuk pemakaian power diambil dari cable tersebut. Perangkat pada gambar dibawah ini juga dapat diaktifkan sebagai Access Point melalui software driver. Kekuatan alat ini terletak pada antenna, dan memiliki jangkauan sama seperti PCI Wireless adaptor.

Mini PCI bus adapter
Perangkat miniPCI bus untuk WIFI notebook berbentuk card yang ditanamkan didalam case notebook. Berbeda dengan card yang digunakan pada computer dengan PCI interface. PCImini bus adalah slot PCI yang disediakan pada notebook dan pemakai dapat menambahkan perangkat seperti WIFI adaptor didalam sebuah notebook. Umumnya perangkat hardware dengan miniPCI bus tidak dijual secara umum, tetapi model terbaru seperti pada Gigabyte GN-WIAG01 dengan kemampuan WIFI Super G sudah dijual bebas untuk upgrade Wireless adaptor bagi sebuah notebook.
Perangkat mini PCI untuk wireless nantinya diberikan 2 buah socket antena dan terhubung dengan antena di sisi layar sebuah notebook. Untuk keterangan dimana perangkat ini dipasang, dapat dilihat pada gambar menginstall Mini PCI bus.
beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja wireless:
– wireless Wizard 5.21
-linksys wireless-G USB Network Adapter 1.0
-AirTies Network Assistant 1.0
-Zamzom wireless network tool 01.07.0.0

3.                   Jelaskan dan gambarkan fitur layout telematika!

1.      Head Up Display System
Head Up Display (HUD) merupakan sebuah tampilan transparan yang menampilkan data tanpa mengharuskan penggunanya untuk melihat ke arah yang lain dari sudut pandang biasanya. Asal nama dari alat ini yaitu pengguna dapat melihat informasi dengan kepala yang terangkat (head up) dan melihat ke arah depan daripada melihat ke arah bawah bagian instrumen. Walaupun HUD dibuat untuk kepentingan penerbangan militer (kayaknya jaman dulu sampe sekarang teknologi itu dipakai militer dulu baru di kasih ke orang sipil, trus kapan orang sipil bisa punya teknologi?), sekarang HUD telah digunakan pada penerbangan sipil, kendaraang bermotor dan aplikasi lainnya.

2. Tangible User Interface
Tangible User Interface, yang disingkat TUI, adalah antarmuka dimana seseorang dapat berinteraksi dengan informasi digital lewat lingkungan fisik. Nama inisial Graspable User Interface, sudah tidak lagi digunakan. Salah satu perintis TUI ialah Hiroshi Ishii, seorang profesor di Laboratorium Media MIT yang memimpin Tangible Media Group. Pandangan istimewanya untuk tangible UI disebut tangible bits, yaitu memberikan bentuk fisik kepada informasi digital sehingga membuat bit dapat dimanipulasi dan diamati secara langsung.

3. Computer Vision
Computer Vision (komputer visi) merupakan ilmu pengetahuan dan teknologi dari mesin yang melihat. Dalam aturan pengetahuan, komputer visi berhubungan dengan teori yang digunakan untuk membangun sistem kecerdasan buatan yang membutuhkan informasi dari citra (gambar). Data citranya dapat dalam berbagai bentuk, misalnya urutan video, pandangan deri beberapa kamera, data multi dimensi yang di dapat dari hasil pemindaian medis.

4. Browsing Audio Data
Browsing Audio Data merupakan metode browsing jaringan yang digunakan untuk browsing video / audio data yang ditangkap oleh sebuah IP kamera. Jaringan video / audio metode browsing mencakupi langkah-langkah sebagai berikut :

a. Menjalankan sebuah program aplikasi komputer lokal untuk mendapatkan kode 
identifikasi yang disimpan dalam kamera IP
b. Transmisi untuk mendaftarkan kode identifikasi ke DDNS ( Dynamic Domain Name 
Server) oleh program aplikasi
c. Mendapatkan kamera IP pribadi alamat dan alamat server pribadi sehingga pasangan 
IP kamera dan kontrol kamera IP melalui kamera IP pribadi alamat dan alamat 
server pribadi
d. Compile ke layanan server melalui alamat server pribadi sehingga untuk 
mendapatkan video / audio data yang ditangkap oleh kamera IP, dimana server 
layanan menangkap video / audio data melalui Internet.

5. Speech Recognition
Dikenal juga dengan pengenal suara otomatis (automatic speech recognition) atau pengenal suara komputer (computer speech recognition). Merupakan salah satu fitur antarmuka telematika yang merubah suara menjadi tulisan (hebat, padahal kalo lagi di dikte sama dosen juga kita bisa ngubah suara jadi tulisan). Istilah ‘voice recognition’ terkadang digunakan untuk menunjuk ke speech recognition dimana sistem pengenal dilatih untuk menjadi pembicara istimewa, seperti pada kasus perangkat lunak untuk komputer pribadi, oleh karena itu disana terdapat aspek dari pengenal pembicara, dimana digunakan untuk mengenali siapa orang yang berbicara, untuk mengenali lebih baik apa yang orang itu bicarakan. Speech recognition merupakan istilah masukan yang berarti dapat mengartikan pembicaraan siapa saja.

6. Speech Synthesis
Speech synthesis merupakan hasil kecerdasan buatan dari pembicaraan manusia. Komputer yang digunakan untuk tujuan ini disebut speech syhthesizer dan dapat diterapkan pada perangkat lunak dan perangkat keras. Sebuah sistem text to speech (TTS) merubah bahasa normal menjadi pembicaraan.
 
Penggambaran Fitur Layout Telematika


Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi2s141mTToz2NalYKf_pmYlEXbqB-djiigVXBeMOuZBGs11CEIBlJtcsmZU-RuS8atWsQm53tyBYGL8HAwHZy_SsjcS_MxkrNkaJYIG7-h_OjoaX7UenmFJ0wtnAVlxjgNIB6kWj_fchhH/s1600/figure_1_automotive_telematics.jpg


        4.                   Jelaskan bagaimana cara pengamanan layanan telematika dilihat dari aspek jaringan, baik yang menggunakan kabel, maupun tanpa kabel!

Layanan Telematika
Layanan Telematika merupakan layanan dial up ke internet maupun ke semua jenis jaringan yang didasarkan pada system telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet sendiri merupakan salah satu contoh telematika. Layanan-layanan yang terdapat pada telematika adalah:

a. Layanan Telematika di Bidang Informasi
Penggunaan telematika dan aliran informasi harus selalu ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk pemberantasan kemiksinan dan kesenjangan, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Selain itu, teknologi telematika juga harus diarahkan untuk menjembatani kesenjangan politik dan budaya serta meningkatkan keharmonisan di kalangan masyarakat. Wartel dan Warnet memainkan peranan penting dalam masyarakat. Warung Telekomunikasi dan Warung Internet ini secara berkelanjutan memperluas jangkauan pelayanan telepon dan internet, baik di daerah kota maupun di desa, bagi pelanggan yang tidak memiliki akses sendiri di tempat tinggal atau di tempat kerjanya. Oleh karena itu langkah-langkah lebih lanjut untuk mendorong pertumbuhan jangkauan dan kandungan informasi pelayanan publik, memperluas pelayanan kesehatan dan pendidikan, mengembangkan sentra – sentra pelayanan masyarakat perkotaan dan pedesaan, serta menyediakan layanan “e-commerce” bagi usaha kecil dan menengah, sangat diperlukan. Dengan demikian akan terbentuk balai – balai informasi. Untuk melayani lokasi – lokasi yang tidak terjangkau oleh masyarakat. Pada layanan ini telematika menggabungkan system komunikasi dengan kendaraan bergerak seperti mobil untuk menawarkan layanan informasi secara langsung. Contohnya :
Navigation assistant (real-time traffic information) Weather, stock information Entertainment and M-Commerce.

b.  Layanan Telematika di bidang Keamanan
Layanan telematika yang kedua adalah layanan keamanan. Layanan ini menyediakan fasilitas untuk memantau dan memberikan informasi bila ada sesuatu yang berjalan tidak seharusnya. Layanan ini dapat mengurangi tingkat pencurian dan kejahatan.
Contohnya :
Emergency rescue with 911
Car location tracing (thief-proof)

c. Layanan Context Aware dan Event-Based
Dalam ilmu komputer dinyatakan bahwa perangkat komputer memiliki kepekaan dan dapat bereaksi terhadap lingkungan sekitarnya berdasarkan informasi dan aturan-aturan tertentu yang tersimpan di dalam perangkat. Gagasan inilah yang diperkenalkan oleh Schilit pada tahun 1994 dengan istilah context-awareness. Context-awareness adalah kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu kumpulan parameter yang relevan dari pengguna (user) dan penggunaan network itu, serta memberikan layanan yang sesuai dengan parameter-parameter itu. Beberapa konteks yang dapat digunakan antara lain lokasi user, data dasar user, berbagai preferensi user, jenis dan kemampuan terminal yang digunakan user. Sebagai contoh, ketika seorang user sedang mengadakan rapat, maka context-aware mobile phone yang dimiliki user akan langsung menyimpulkan bahwa user sedang mengadakan rapat dan akan menolak seluruh panggilan telepon yang tidak penting. Dan untuk saat ini, konteks location awareness dan activity recognition yang merupakan bagian dari context-awareness menjadi pembahasan utama di bidang penelitian ilmu komputer. Contohnya :
Vehicle Diagnostic Service
Car Insurance based on driving statistic.

Kamis, 29 September 2016

PENGANTAR TELEMATIKA



1.      Definisi Telematika adalah?
TELEMATICS adalah singkatan dari TELECOMMUNICATION and INFORMATICS sebagai wujud dari perpaduan konsep Computing and Communication. Istilah Telematics juga dikenal sebagai (the new hybrid technology) yang lahir karena perkembangan teknologi digital. Perkembangan ini memicu perkembangan teknologi telekomunikasi dan informatika menjadi semakin terpadu atau populer dengan istilah konvergensi.

2.      Media komunikasi yang digunakan untuk telematika
- Internet
     - Handphone 
         - Video Conference

3. jelaskan perkembangan telematika sebelum dan sesudah ada internet, jelaskann!

·         Peristiwa proklamasi 1945 membawa perubahan yang bagi masyarakat Indonesia, dan sekaligus menempatkannya pada situasi krisis jati diri. Krisis ini terjadi karena Indonesia sebagai sebuah negara belum memiliki perangkat sosial, hukum, dan tradisi yang mapan. Situasi itu menjadi ‘bahan bakar’ bagi upaya-upaya pembangunan karakter bangsa di tahun 50-an dan 60-an. Di awal 70-an, ketika kepemimpinan soeharto, orientasi pembangunan bangsa digeser ke arah ekonomi, sementara proses – proses yang dirintis sejak tahun 50-an belum mencapai tingkat kematangan.
·        Dalam latar belakang sosial demikianlah telekomunikasi dan informasi, mulai dari radio, telegrap, dan telepon, televise, satelit telekomunikasi, hingga ke internet dan perangkat multimedia tampil dan berkembang di Indonesia. Perkembangan telematika penulis bagi menjadi 2 masa yaitu masa sebelum atau pra satelit dan masa satelit.
·    Di periode pra satelit (sebelum tahun 1976), perkembangan teknologi komunikasi di Indonesia masih terbatas pada bidang telepon dan radio. Radio Republik Indonesia (RRI) lahir dengan di dorong oleh kebutuhan yang mendesak akan adanya alat perjuangan di masa revolusi kemerdekaan tahun 1945, dengan menggunakan perangkat keras seadanya. Dalam situasi demikian ini para pendiri RRI melangsungkan pertemuan pada tanggal 11 September 1945 untuk merumuskan jati diri keberadaan RRI sebagai sarana komunikasi antara pemerintah dengan rakyat, dan antara rakyat  dengan rakyat.Sedangkan telepon pada masa itu tidak terlalu penting sehingga anggaran pemerintah untuk membangun telekomunikasipun masih kecil jumlahnya. Saat itu, telepon dikelola oleh PTT (Perusahaan Telepon dan Telegrap) saja. Sampai pergantian rezim dari Orla ke Orba di tahun 1965, RRI merupakan operator tunggal siaran radio di Indonesia. Setelah itu bermunculan radio – radio siaran swasta. Lima tahun kemudian muncul PPNO. 55 tahun 1970 yang mengatur tentang radio siaran non pemerintah.Periode awal tahun 1960-an merupakan masa suram bagi pertelekomunikasian Indonesia, para ahli teknologi masih menggeluti teknologi sederhana dan “kuno”. Misalnya saja, PTT masih menggunakan sentral-sentral telepon yang manual, teknik radio High Frequency ataupun saluran kawat terbuka (Open Were Lines). Pada masa itu, banyak negara pemberi dana untuk Indonesia – termasuk pendana untuk pengembangan telekomunikasi, menghentikan bantuannya. Hal itu karena semakin memburuknya situasi dan kondisi ekonomi dan politi di Indonesia.
·         Tercatat bahwa pada masa 1960-1967, hanya Jerman saja yang masih bersikap setia dan menaruh perhatian besar pada bidang telekomunikasi Indonesia, dan menyediakan dana walau di masa-masa sulit sekalipun. Ketika itu pengembangan telekomunikasi masih difokuskan pada pengadaan sentra telepon, baik untuk komunikasi lokal maupun jarak jauh, dan jaringan kabel. Indonesia saat itu belum memiliki satelit. Sentral telepon beserta perlengkapan hubungan jarak jauh ini diperoleh dari Jerman. Pada saat itu, Indonesia hanya dapat membeli produk yang sama, dari perusahaan yang sama, yakni Perusahaan Jerman. Tidak ada pilihan lain bagi Indonesia.
·          Keleluasaan barulah bisa dirasakan setelah di tahun 1967/1968 mengalir pinjaman-pinjaman ke Indonesia, baik bilateral ataupun pinjaman multilateral dari Bank Dunia, melalui pinjaman yang disepakati IGGI. Akan tetapi, pada masa inipun inovasi dalam pemfungsian teknologi telekomunikasi masih belum berkembang dengan baik di negeri ini. Peda dasarnya kita memberi dan memakai perlengkapan seperti switches, cables, carries yang sudah lazim kita pakai sebelumnya.
·         Badan penyiaran televisi lahir tahun 1962 sebelum adanya satelit yang semula hanya dimaksudkan sebagai perlengkapan bagi penyelenggara Asian Games IV di Jakarta. Siaran percobaan pertama kali terjadi pada 17 Agustus 1962 yang menyiarkan upacara peringatan kemerdekaan RI dari Istana Merdeka melalui microwave. Dan pada tanggal 24 Agustus 1962, TVRI bisa menyiarkan upacara pembukaan Asian Games, dan tanggal itu dinyatakan sebagai hari jadi TVRI
·          Terdorong oleh inovasi, akhirnya pada tanggal 14 November 1962 untuk pertama kalinya TVRI memberanikan diri melakukan siaran langsung dari studio yang berukuran 9×11 meter dan tanpa akustik yang memadai. Acaranya terbatas, hanya berupa permainan piano tunggal oleh B.J. Supriadi dengan pengaruh acara Alex Leo.
·          Lebih setahun setelah siaran pertama, barulah keberadaan TVRI dijelaskan dengan pembentukan Yayasan TVRI melalui Keppres No. 215/1963 tertanggal 20 oktober 1963. Antara lain disebutkan bahwa TVRI menjadi alat hubungan masyarakat (mass communication media) dalam pembangunan mental/spiritual dan fisik daripada Bangsa dan Negara Indonesia serta pembentukan manusia sosialis Indonesia pada khususnya. Sampai tahun 1989, TVRI merupakan operator tunggal di bidang penyiaran televise. Jadi sebelum satelit palapa mengorbit, Indonesia hanya mengenal telekomunikasi yang bersifat terestrial, yakni yang jangkauannya masih dibatasi oleh lautan. Telekomunikasi seperti ini tidak bisa menjangkau pulau-pulau kecuali melalui penggunaan SKKL (Saluran Komunikasi Kabel Laut) yang mahal dan sulit dipergunakan.
·           Gagasan tentang peluncuran satelit bagi telekomunikasi domestik di Indonesia bisa ditelusuri asal muasalnya dari sebuah konferensi di Janewa tahun 1971 yang disebut WARCST (World Administrative Radio Confrence on Space Telecomunication).
·          Pada konferensi itu di tampilkan pila pameran dari perusahaan raksasa pesawat terbang Hughes. Perusahaan inilah yang mengusulkan ide pemanfaatan satelit bagi kepentingan domestik Indonesia. Hal tersebut disambut oleh Suhardjono yang berlatar belakang militer dan membawa masalah satelit itu sampai ke Presiden RI. Selain pertimbangan kelayakan ekonomi dan teknis, sejarah peluncuran satelit ini juga diwarnai oleh kepentingan politik dimana hubungan antara Indonesia dengan negara- negara lain sudah mulai bersahabat. Di sisi lain, satelit memungkinkan penyebaran luas ideologi negara ke masyarakat luas melalui TV, satelit juga menguntungkan secara ekonomi.
·          Komunikasi tentang cara-cara menggali sumber daya alam dapat berlangsung dengan mudah. Ini berlaku untuk kasus tembaga pura (Freeport) dan di Dili. Peluncuran satelit Palapa di Cape Canaveral, Florida, bulan Agustus 1976 pada panel peluncuran terdapat 3 orang Indonesia dan perwakilan dari perusahaan NASA dan Hughes.
·           Kejadian ini diresmikan juga melalui pidato kenegaraan oleh presiden Soeharto di Jakarta, tanggal 16 Agustus 1976. ini merupakan satu- satunya proyek teknologi yang mendapat tempat terhormat di gedung Parlemen. Namun peluncuran satelit itu merupakan kebijakan nasional yang gagasan awalnya dicetuskan oleh pemerintah. Hal ini didasarkan pada pertimbangan bahwa Indonesia pernah mengalami ancaman perpecahan. Untuk mempersatukan tanah air yang sangat luas ini diperlukan sarana perhubungan yang mencakup seluruh wilayah nusantara. Proses kelahiran satelit ini hanya melibatkan sedikit teknokrat dan teknolog yang berpihak pada kepentingan Orba.



 
4.      Apa yang anda harapkan dengan adanya telematika di Indonesia?

Seiring berkembangnya kemajuan teknologi yang semakin pesat, saya ingin masyarakat untuk bisa mengikuti perkembangan teknologi yang telah ada. Yang pasti dalam proses perkembangannya harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab dan tidak melanggar norma-norma yang berlaku di masyarakat. Sehingga tidak merugikan pihak lain dan tidak menguntungkan diri sendiri (egois). Sehingga ke depan telematika dapat menjadi suatu trend yang dapat diterima dan dinikmati oleh seluruh masyarakat, baik dari kalangan atas maupun dari kalangan bawah.

Dan saya juga berharap bahwa pemerintah dapat mendukung kegiatan pembangunan infrastruktur yang dibutuhkan dalam perkembangan telematika di Indonesia. Pembangunan infrastruktur juga diharapkan dapat dibangun secara merata diseluruh wilayah Indonesia agar tidak hanya masyarakat kota saja yang melek akan teknologi. Namun, masyarakat pedesaan dan wilayah-wilayah terpencil di Indonesia.

5.      Jelaskan menurutmu pendapat tentang faktor yang mempengaruhi layanan telematika yang dapat dengan mudah di akses!

    a.              Adanya jaringan internet Wireless gratis
Jaringan internet wirelless yang mudah di akses, seperti di kampus, Seven eleven, Indomart, Alfamart yang disediakan gratis kepada para mahasiswa/pembeli, membuat mereka dengan mudah dapat terkoneksi ke internet dan bisa menikmati berbagai layanan yang ada di internet.

    b.              Packet internet murah
Dengan adanya packet internet murah yang di sediakan provider, akan semakin banyak user yang membeli packet tersebut. Dan mereka dengan mudah bisa menikmati layanan yang ada di internet

    c.              Media social
Media sosial merupakan salah satu yang paling banyak di gunakan oleh user, karena sangat simple untuk digunakan dan mempunyai daya Tarik tersendiri sehingga banyak user yang menggunakan medsos tersebut untuk berkomunikasi satu sama lain.
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgv7iqAFlMa7zQO-1C-DFTS9_cO_Q-1WSoDUuck74qY7lh-Wb0RtQNSHIA0VNZ6ee4CWqqQS66vjPWy-vhfOnv_quBsSxtYLOIa0tNdJ2pSnIse49jKpyFz_H9v7jp0ift9ITtfuwC5aH4M/s1600/images3.jpg