Sabtu, 12 Oktober 2013



Ilmu Sosial Dasar (PENGERTIAN ILMU SOSIAL DASAR)  logo gundar.jpg
Nama                             :        Novriana sekar Anindya
Kelas                              :        1KA08
NPM                              :        16113570     

  JURUSAN SISTEM INFORMASIUNIVERSITAS GUNADARMA 2013-2014  


KATA  PENGANTAR 
 Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga penulis berhasil menyelesaikan makalah ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul “ILMU SOSIAL DASAR (PENGANTAR ILMU SOSIAL DASAR)”Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini masih terdapat banyak kekurangan dan jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik serta saran yang membangun guna menyempurnakan makalah ini dan dapat menjadi acuan dalam menyusun makalah-makalah atau tugas-tugas selanjutnya. Penulis juga memohon maaf apabila dalam penulisan makalah ini terdapat kesalahan pengetikan dan kekeliruan sehingga membingungkan pembaca dalam memahami maksud penulis              




Bogor, 03 oktober 2013



  penulis    
  DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR…………………………………………………………………..2
DAFTAR ISI……………………………………………………………………………3
BAB 1 PENDAHULUAN .....…………………………........…………………….4
1.1  Latar Belakang……………………………………………….…………………………………….……………………….4
1.2  Tujuan………………………………………………………………..……………………………………….......………..4
BAB1 PEMBAHASAN…………………………………………………………………………………………....……………5
2.1 Pengertian ilmu social dasar………………………………………………………………………............…5
2.2 pengertian ilmu pengetahuan social …………………………………………………………......………5
2.3 Tujuan umum ilmu social dasar ………………………………………………………………......…………6
2.4 Tujuan khusus ilmu social dasar ……………………………………………………………………………..6
2.5 (3) kelompok ilmu pengetahuan …………………………………………………………………………….6
2.6 perbedaan ISD dan IPS…………………………………………………………………………………………….7
2.7 (3) golongan bahan pelajaran ISD …………………………………………………………………………..7
2.8 pendapat mahasiswa mengenai ilmu social dasar …………………………………………………….7    
  

BAB 1 PENDAHULAUAN
1.1 Latar Belakang                
     Menusia sebagai makhluk sosial pasti akan melakukan interaksi dengan lingkungan. Ilmu sosial dasar suatu ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungan. Hubungan tersebut dapat mewujudkan adanya kenyataan – kenyataan sosial dan masalah – masalah sosial yang penelaahannya mneggunakan pendekatan berbagai disiplin ( interdisiplin dan atau multidisiplin ) dengan memanfaatkan pengertian – pengertian (fakta,konsep,teori) yang berasal dari lapangan ilmu – ilmu sosial , salah satu diantaranya adalah psikologi, dan dalam bidang pendidikan.
1.2  Maksud dan Tujuan
     Tujuan ilmu sosial dasar adalah memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala sosial dan lebih memahami dan menyadari bahwa setiap kenyataan sosial dan masalah sosial ada dalam masyarakat dan selalu bersifat kompleks, kita hanya bisa memahaminya secara kritis. Untuk itulah ilmu sosial dasar mempunyai peran penting agar mahasiswa memiliki bekal yang cukup dalam hidup bermasyarakat.                 

 BAB 1 (PEMBAHASAN)
2.1  PENGERTIAN ILMU SOSIAL DASAR
       Berdasarkan sumber filsafat yang dianggap sebagai ibu dari ilmu pengetahuan, maka ilmu pengetahuan dapat dikelompokkan menjadi tiga :
1.       Natural Sciences (Ilmu-ilmu Alamiah), meliputi: Fisika, Kimia, Astronomi, Biologi dan lain-lain.
2.       Sosial Sciences (Ilmu-ilmu Sosial), terdiri dari : Sosiologi, Ekonomi, Politik Antropologi, Sejarah,         Psikologi, Geografi dan lain-lain.
3.       Humanities (Ilmu-ilmu Budaya) meliputi : Bahasa, Agama, Kesusastraan, Kesenian dan lain-lain.
Mengikuti pembagian ilmu pengetahuan seperti tersebut di atas, maka Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Budaya Dasar adalah satuan pengetahuan yang dikembangkan sebagai usaha pendidikan.
Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial, khususnya yang diwujudkain oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial seperti: sejarah, ekonomi, geografi sosial, sosiologi, antropologi, psykologi sosial.
 Ilmu Sosial Dasar tidak merupakan gabungan dari ilmu-ilmu sosial yang dipadukan, karena masing-masing sebagai disiplin ilmu memiliki obyek dan metode ilmiahnya sendiri-sendiri yang tidak mungkin dipadukan.
Ilmu Sosial Dasar merupakan suatu bahan studi atau Program Pengerjaan yang khusus dirancang untuk kepentingan pendidikan/pengajaran yang di Indonesia diberikan di Perguruan Tinggi. Tegasnya mata kuliah Ilmu Sosial Dasar diberikan dalam rangka usaha untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan guna mengkaji gejala-gejala sosial agar daya tanggap, persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosialnya dapat ditingkatkan, sehingga lebih peka terhadapnya.

2.2 PENGERTIAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
     Ilmu Pengetahuan Sosial atau social studies merupakan pengetahuan mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan  masyarakat. di Indonesia pelajaran ilmu pengetauan sosial disesuaikan dengan berbagai prespektif  sosial yang berkembang di masyarakat. Kajian tentang masyarakat dalam IPS dapat dilakukan dalam lingkungan yang terbatas, yaitu lingkungan sekitar sekolah atau siswa dan siswi atau dalam lingkungan yang luas, yaitu lingkungan negara lain, baik yang ada di masa sekarang maupun di masa lampau. Dengan demikian siswa dan siswi yang mempelajari IPS dapat menghayati masa sekarang dengan dibekali pengetahuan tentang masa lampau umat manusia.

 2.3 TUJUAN UMUM ILMU SOSIAL DASAR
     Tujuan umum diselenggarakannya mata kuliah Ilmu Sosial Dasar ialah pembentukan dan pengembangan kepribadian serta perluasan wawasan perhatian, pengetahuan, dan pemikiran mengenai berbagai gejala yang ada dan timbul dalam lingkungannya, khususnya gejala berkenaan dengan masyarakat dengan orang lain, agar daya tanggap, presepsi, dan penalaran berkenaan dengan lingkungan social dapat dipertajam.
               
2.4 TUJUAN KHUSUS ILMU SOSIAL DASAR
1.       Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-maslah sosial yang ada dalam masyarakat.
2.       Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
3.       Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya (mempelajarinya).
4.       Memahami jalan pikiran para ahli dalalm bidang ilmu pengetahuan lalin dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalalm rangka penanggulangan maslah sosial yang timbul dalam masyarakat.

2.5 (3) KELOMPOK ILMU PENGETAHUAN
Secara umum, Ilmu pengetahuan dibagi menjadi 3 kelompok. Pengelompokkan ini didasarkan pada obyek atau bidang kajian setiap ilmu. Ketiga kelompok ilmu trsebut adalah Ilmu pengetahuan Alam (natural science), Ilmu pengetahuan Sosial (social science), dan Ilmu pengetahuan Budaya (Humanitics Study).1.      Ilmu pengetahuan Alam (natural science) Adalah Ilmu yang mengkaji gejala-gejala alam , baik yang hayati maupun nonhayati. Ilmu pengetahuan alam antra lain adalah Biologo, Kimia, dan Fisika.2.      Ilmu Pengetahuan Sosial (Social Science) Adalah Ilmu yang mengkaji kehidupan bersama manusia dengan sesamanya. Ilmu pengetahuan sosial antara lain adalah sosiologi, ilmu politik, ilmu huku, dan ilmu ekonomi.3.       Ilmu Pengetahuan Budaya (Humanitics Study)Adalah Ilmu yang mempelajari tentang manifestasi atau perwujudan spiritual dari kehidupan bersama manusia. Ilmu pengetahuan buadaya ini antara lain adalah Kesustraan, bahasa, agama, filsafat, dan kesenian.   

3.6   perbedaan  dan persamaan antara ISD dan IPS
PERBEDAAN ANTARA ILMU SOSIAL DASAR DAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
a.       Ilmu Sosial Dasar diberikan di Perguruan Tinggi, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan.                                                                
b.      Ilmu Sosial Dasar merupakan satu matakuliah tunggal, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan).                                 
c.       Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual.
PERSAMAAN ANTARA ILMU SOSIAL DASAR DAN ILMU PENGETAHUAN SOSIALa. Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan  program  pendidikan/pengajaran.
b. Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.                                                                                                     c. Keduanya mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.

2.7   (3) golongan bahan pelajaran iulmu social dasar
 3 GOLONGAN BAHAN PELAJARAN ILMU SOSIAL DASARa.      Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.
b.      Konsep-konsep sosial tentang kenyataan-kenyataan sosial yang dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial.
c.       Masalah-masalah yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu dengan yang lainnya berbeda.


2.8  pendapat mahasiswa mengenai ilmu social dasar
  Menurut saya:
“Ilmu Sosial Dasar merupakan pembelajaran yang di berikan di perguruan tinggi, agar mahasiswa paham dan kritis dalam mengkaji suatu permasalahan sosial. Serta tanggap dalam mengghadapi masalah yang sedang menimpa di lingkungan sekitarnya. Serta ilmu social dasar ini sangat penting karena memberikan pengarahan untuk menjadi mahasiswa yang aktif, peka terhadap masalah, kritis, sistematis, dan lainnya. Bukan hanya kritis, aktif, peka terhadap masalah manusiawi namun juga dengan masalah yang terjadi pada alam semesta, budaya dan lainya. sebab kita hidup dengan berbagai budaya dan norma yang bermacam-macam, jadi harus saling menghargai. Pembelajaran ilmu social dasar ini bermanfaat juga setelah kita kerja nantinya, agar kita menjadi pandai berbicara dengan arti mengerti semua apa yang harus di hadapi jika dia mendapat masalah dalam pekerjaan atau yang lainya.”
     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar