Kamis, 03 April 2014

BAB 2 MENUNBUHKAN BUDAYA LOKAL DALAM PERGURUAN TINGGI

MENUMBUHKAN BUDAYA LOKAL DALAM PERGURUAN TINGGI

      I.            PENDAHULUAN

1.     LATAR BELAKANG

Indonesia mempunyai keanekaragaman budaya yang banyak sekali dari sabang hingga merauke, tapi seiring berkembangnya zaman perlahan budaya indonesiapun mulai luntur oleh budaya asing yang datang ke indonesua secara perlahan, tidak terkecuali para pelajar dan mahasiswa yang larut dalam budaya asing.

2.     RUMUSAN MASALAH
·        apa yang dimaksud dengan  budaya itu?
·        bagaimana cara pelajar dan mahasiswa untuk lebih mencintai budaya lokal dan lingkungan yang ada di sekitar mereka?

3.     TUJUAN  PENULISAN

karena saya ingin menjelaskan betapa banyak budaya di indonesia ini yang patut kita lestarikan dan kita jaga

   II.            PEMBAASAN
           adalah suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia.[2]
Beberapa alasan mengapa orang mengalami kesulitan ketika berkomunikasi dengan orang dari budaya lain terlihat dalam definisi budaya: Budaya adalah suatu perangkat rumit nilai-nilai yang dipolarisasikan oleh suatu citra yang mengandung pandangan atas keistimewaannya sendiri."Citra yang memaksa" itu mengambil bentuk-bentuk berbeda dalam berbagai budaya seperti "individualisme kasar" di Amerika, "keselarasan individu dengan alam" d Jepang dan "kepatuhan kolektif" di Cina. Citra budaya yang brsifat memaksa tersebut membekali anggota-anggotanya dengan pedoman mengenai perilaku yang layak dan menetapkan dunia makna dan nilai logis yang dapat dipinjam anggota-anggotanya yang paling bersahaja untuk memperoleh rasa bermartabat dan pertalian dengan hidup mereka.
            banyak cara kita sebagai para pelajar dan mahasiswa untuk melestarikan budaya lokak yang ada di indonesia, dengan cara mencintai dan mengenali lebih dalam ahwa budaya di indonesia itu sangat banyak sekali, karna di setiap daerh mempunyai masing masing ciri dari kebudayaan tersebut.



III.            PENUTUPAN

4.     KESIMPULAN

            banyak budaya indonesia yang harus kita jaga dan kita lestarikan tapi tidak menutup kemungkinan juga bahwa banyak budaya asing yang masuk ke lingkungan sekitar kita, bahkan tidak dipungkiri bahwa kita juga perlu belajar juga tentang budaya asing tetapi pada batas kewajarannya dan tidak melupakan budaya lokal yang telah kita jaga dan kita lestarikan sampai saat ini.

5.      REFERENSI

http://mantapblogs.blogspot.com/2011/03/definisi-budaya-budaya-adalah-suatu.html








NOVRIANA SEKAR ANINDYA
1KA08

16113570

Tidak ada komentar:

Posting Komentar